Pentingnya Buruh Mengikuti Pendidikan


Pendidikan adalah hal yang penting. Setiap manusia diharuskan belajar terkait banyak hal. Belajar pun bisa di mana saja, bisa di sekolah dan di luar sekolah, bisa dari yang tertulis ataupun dari berbagai pengalaman. Intinya pendidikan sangat diutamakan bagi siapa saja. Terkhusus bagi kaum buruh. 

Anggota serikat buruh harus cerdas. Hal ini akan menjadi kekuatan yang mendukung perjuangan atas tuntutan yang diharapkan. Kemampuan tersebut bisa berwujud dalam pengetahuan yang baik atas organisasi, advokasi, dan kampanye media serta propaganda yang dilakukan. 

Selanjutnya, pendidikan membekali anggota dengan banyak ketrampilan. Secara bertahap, hal ini akan membuat kualitas sumber daya manusia yang ada di serikat buruh semakin meningkat. Alhasil, pembagian peran kerja dalam kepengurusan bisa semakin berkembang. Tidak hanya mengandalkan atau bertumpu pada satu dua orang saja. 

Pendidikan BAPOR dan Pendidikan Jurnalistik di Muara Enim adalah contoh pendidikan yang dilakukan oleh Federasi SERBUK Indonesia bersama SERBUK Komite Wilayah Sumatra Selatan. Pendidikan ini bertujuan untuk membekali anggota dan pengurus SBA untuk memiliki mental kepemimpinan yang kuat serta ketrampilan berpropaganda yang tajam. Ke depan, hasil peserta yang mengikuti pendidikan ini akan diuji untuk melakukan praktiknya pada berbagai situasi. Terutama ketika aksi dan pengorganisiran. 

Buruh yang cerdas, kemampuannya semakin luas. Pencapaian ini akan berdampak pada organisasi dan pada buruh itu sendiri. Buruh yang senantiasa belajar, akan semakin kuat. Dan buruh yang kuat serta bersatu, seperti yang sering diserukan: tak bisa dikalahkan. (Mh)