Diskusi Buruh dan Tani berlawan bersama Haris dan Fatia: Jangan Diam, Lawan!

Peserta tetap saja membeludak meskipun cuaca Karawang sedang terik-teriknya. Beberapa terlihat berdempetan di sisi tembok, sementara yang lainnya duduk menyentuh tanah. Bertempat di sekretariat Federasi Serbuk Indonesia, pada hari Minggu, 4 Juni 2023 acara diskusi kasus kriminalisasi Haris Azhar dan Fatia bersama Buruh, Petani dan Mahasiswa digelar.

Masalah kriminalisasi dengan dalih UU ITE adalah masalah bersama, apalagi bagi siapa pun yang aktif menyampaikan ekspresi di media sosial. Tidak sedikit pejuang masyarakat yang menjadi korban karena permasalahan pasal karet yang ada di UU ITE. 

Hadir langsung pada acara ini, Haris Azhar dan Fatia sebagai korban, yang menyampaikan penjelasan dan pendapatnya. Selain itu, jaringan Kontras, YLBHI,  Federasi Serbuk sebagai tuan rumah, FSPMI, SPSI, sepetak, dan mahasiswa juga turut meramaikan diskusi yang diselenggarakan. 

Beberapa kawan yang hadir banyak menyampaikan pengalamannya dikriminalisasi dan diintimidasi ketika mereka aktif memimpin aksi atau ketika sedang berekspresi di media sosial. Hal ini mungkin terkesan melemahkan kawan-kawan tersebut, tapi nyatanya kawan-kawan yang hadir tetap yakin dan bersemangat atas perjuangan yang dilakukan. 

Diakhir acara, ditarik kesimpulan dan kesepakatan bahwa kita harus berani melawan dan jangan hanya diam, karena ketika kita dikriminalisasi terus diam, maka kita sudah kalah. Jadi jangan diam, Lawan dan berjuanglah sebaik-baiknya!

Reporter: Zaenal