Turnamen Sepak Bola SERBUK: Kuatkan Solidaritas, Bangun Sportifitas!

Sebuah gol, kaki yang beradu, dan peluh yang berjatuhan. Sepak bola memang seringkali menggembirakan. 

Kesebelasan tim dengan jersey kebanggaannya berkumpul di lapangan Anpar Sumurkondang, kecamatan Klari, kabupaten Karawang pada 13 Agustus 2023. Piala bergilir yang diletakkan di sisi lapangan nampak berkilauan disinari matahari. Beberapa pemain tersenyum tipis memandangi itu, berharap dirinya nanti akan ikut memegang dan mengangkatnya. 

Komite Wilayah Jawa Barat Federasi SERBUK menyelenggarakan turnamen Sepakbola yang diikuti oleh SBA-SBA yang berada di wilayah Kabupaten Karawang. Turnamen ini bertujuan membangun konsolidasi antar SBA yang tadinya tidak saling mengenal menjadi lebih saling mengenal dan menjadi wadah keakraban dan penguatan mobilisasi yang dilakukan untuk SBA-SBA. 


Acara ini termasuk dalam rangakaian acara peringatan HUT RI yang ke-78, peringatan hari pemuda sedunia, dan Harlah Federasi Serbuk Indonesia yang ke-10. Adi Pratomo, Ketua Umum Federasi SERBUK, yang hadir langsung ke lokasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa konsolidasi bisa dilakukan dengan cara apapun termasuk melalui olahraga. Turnamen ini nantinya akan terus dilakukan setiap tahun. “Saya ucapkan selamat bertanding untuk kawan-kawan semua. Kuatkan Solidaritas. Bangun Sportifitas!” ujar Adi pada penutup sambutannya.

SBA-SBA di komwil Karawang dengan tim kebanggaannya saling bertanding dan mengikuti rangkaian acara sejak pagi. Pertandingan sejak awal diatur dalam sistem Trofeo, yakni kemenangannya ditentukan dari hitungan poin menang, kalah, dan seri dari saling bertemunya keseluruhan antar tim. 

Lewat drama pertemuan antar tim yang berujung seri, kemenangan, dan kekalahan, lewat pertandingan yang menguras keringat, memutar otak, dan memainkan taktik, SBA SERBUK Fuji Seat Indonesia keluar menjadi pemenang dengan skor 7 poin, yang berarti dua kali kemenangan, dan satu kali seri. Sementara di bawahnya, SBA SERBUK PT BMJ  menempel tipis dengan mengumpulkan 6 poin, yang berarti dua kali kemenangan dan satu kali kekalahan yang dialami. Pada tim yang lain, SBA SERBUK Siamindo mengumpulkan 4 poin, dan SBA SERBUK DNI dengan 0 poin. 


Kegembiraan tumpah ruah di lapangan dari keseluruhan tim dan panitia serta pengurus dari Federasi SERBUK dan Komwil Jawa Barat. Keakraban dan solidaritas memang sejak awal menjadi warna utama dari turnamen sepak bola ini. Sebab, meskipun antar SBA saling bertanding, mereka tahu betul siapa musuhnya: pengusaha culas, pejabat korup, dan oligarki yang tak henti-hentinya menyengsarakan rakyat di negeri ini. 


Reporter: Zaenal 

Editor: Mh