SELAMAT JALAN JIN SOOK LEE

 

Sebuah berita duka datang dari Kantor Pusat BWI di Jenewa. Jin Sook Lee telah berpulang mendahului kita, merampungkan semua dedikasi dan perjuangannya untuk membela kawan-kawan buruh.

Jin Sook adalah Direktur Kampanye Global BWI sejak 2010. Dalam kepemimpinannya, BWI mencapai sukses untuk banyak kampanye dan tentu saja perjuangan afiliasi di berbagai negara. Kesuksesan kampanye untuk berbagai event olah raga global, adalah buah tangan dinginnya yang luar biasa. Kampanye kartu merah untuk FIFA, sebuah kerja besar untuk memberikan tekanan kepada FIFA sebagai otoritas sepak bola internasional dan tentu saja Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Kemenangan itu, menjadi kebahagiaan ribuan buruh yang bekerja dalam megaproyek pembangunan stadion sepak bola di Qatar. Demikian juga, kerja kampanye untuk perbaikan kondisi kerja bagi buruh-buruh yang terkait dengan rantai pasok global yang terlibat dalam pembangunan infrastruktur Olimpiade 2020 di Jepang.

Fokus perhatiannya pada hak-hak pekerja, hak buruh-buruh migran, dan kesetaraan gender dalam serikat pekerja, sungguh membanggakan dan menyemangati kami untuk berada dalam posisi yang sama, berjuang dengan segala kegigihan. Jin Sook adalah juga Direktur Internasional pada Federasi Serikat Buruh Konstruksi Korea (Korean Federation of Construction Industries Trade Union/KFCITU).









Kami masih berkomunikasi dengannya pada 9 Maret 2020, bertukar kabar dan berdiskusi mengenai pemogokan kawan-kawan buruh konstruksi di proyek pembangunan PLTU Sumsel 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. Kami membahas mengenai strategi kampanye dan pemberitaan untuk pemogokan itu. Kami mendiskusikan tentang keberadaan tentara di lokasi pemogokan dan kedatangan mereka sejak proyek PLTU berjalan. Sungguh, kami tak menyangka, Jin Sook sedang berjuang melawan kanker yang dideritanya sejak lama. Dedikasinya, bekerja dalam kondisi sakit, sungguh menunjukkan keberpihakan pada perjuangan kelas pekerja. Semangat itu, akan menjadi inspirasi bagi kami, kini dan kelak!

Federasi SERBUK Indonesia, menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga dan kepada keluarga besar BWI di kantor pusat dan seluruh afiliasi internasional, kami menyampaikan penghormatan dan perasaan kehilangan yang mendalam. Perjuangan Jin Sook, adalah perjuangan yang akan selalu menjadi semangat kita untuk terus bertarung membela kaum pekerja yang terpinggirkan. Amandla! Powerto the people!

Salam hormat kami, dari Indonesia. A LUTA CONTINUA!

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.