SERBUK dan WP KPK Bertemu di Karawang

Hari ini (26/8) kami menerima kunjungan dari kawan-kawan LBH Jakarta dan wadah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK). Kami bertemu untuk berbagi cerita mengenai perkembangan terakhir terkait 51 Pegawai KPK yang tidak diloloskan dalam TWK dan menyusun upaya bersama untuk mendukung perjuangan kawan-kawan pegawai KPK.

Kawan-kawan WP KPK bercerita mengenai perkembangan terakhir sesudah terbitnya rekomendasi dari Ombudsman RI dan Komnas HAM RI dan mengajak agar serikat buruh memberikan dukungan perjuangan yang sedang diupayakan. Ketua Umum SERBUK Indonesia Usman Sopiyan menjelaskan bahwa komitmen SERBUK untuk memberikan dukungan tetap besar, melanjutkan berbagai dukungan yang selama ini sudah diberikan. “Kami sudah memberikan dukungan kepada KPK sejak pertarungan Cicak Buaya, sampai sekarang komitmen kami masih sama,” ujar Usman.

Lebih lanjut Usman menjelaskan bahwa selain dukungan kepada WP KPK, komitmen SERBUK juga tetap besar untuk mendukung berbagai upaya pemberantasan korupsi. Terkait dengan sityuasi yang saat ini terjadi di KPK, Usman juga menyebutkan bahwa situasi di dalam Pimpinan KPK dirasakan memperburuk upaya pemberantasan korupsi.

Buruh sangat berkepentingan dengan upaya pemberantasan korupsi karena sektor ketenagakerjaan juga sarat dengan perilaku koruptif, misalnya upah di bawah UMK, BPJS tidak dibayarkan, THR disunat, dan pelanggaran lainnya.

Menegaskan keberpihakannya Usman menyatakan bahwa SERBUK akan terus berjuang dan memberikan dukungan. “Perjuangan bersama WP KPK akan tegak lurus dengan komitmen SERBUK memperjuangkan hak-hak pekerja. Korupsi adalah musuh buruh,” ucap Usman.