Rapat Pleno Komite Eksekutif SERBUK: Mengatur Barisan, Melanjutkan Perjuangan


Sabtu (18/9), bertempat di Magelang, rapat pleno komite eksekutif SERBUK diselenggarakan. Setiap Departemen menyiapkan laporan setengah tahunan dan perencanaan setelahnya. 

Pleno ini menegaskan beberapa hal. Pertama, pemahaman dan barisan semakin dikuatkan. Kedua, perjuangan SERBUK semakin penting untuk dioptimalkan dengan berbagai keterbatasan yang dihadapi. 

Pandemi dan PPKM telah mengubah berbagai hal. Kegiatan SERBUK yang dulunya banyak dilakukan secara langsung atau offline mau tidak mau harus berubah, menjadi online, juga kombinasi keduanya. 

Berbagai inovasi akhirnya dilakukan. Perpaduan program secara online dan offline menjadi bentuk kegiatan yang dikembangkan lebih lanjut. 

SERBUK sebagai Serikat Buruh yang memiliki salah satu fokus pada isu K3 mengampanyekan kesehatan dan arahan yang tepat untuk anggotanya di tengah pandemi. Hal ini juga ditambah dengan pengoptimalan tim dalam pengembangan dan pelaksanaan program yang lebih lanjut. 

Ade Fortune, Sekjen SERBUK, dalam arahan di Pleno menyampaikan, "Dari laporan yang sudah masuk, pekerjaan dari berbagai departemen terbilang sudah berjalan baik, bahkan juga adaptif dengan situasi pandemi yang masih kita hadapi bersama. Hal ini tentu juga semakin penting untuk kita lebih memaksimalkan lagi perencanaan yang sudah dibuat."

Selanjutnya, fokus untuk perluasan anggota, komite pekerja muda, dan komite perempuan juga menjadi poin yang menjadi prioritas. Usman Sopiyan, Ketua umum SERBUK, memberikan seruan pada komite eksekutif SERBUK untuk semakin menggelorakan perjuangan menyambut hari-hari depan. "Tetap semangat, tetap fokus, hidup buruh. " begitu ucapnya.