Leading Transformation: BWI Ajak Aktivis Pekerja Muda Lebih Berperan Terhadap Perubahan

Medium Zoom meeting tidak menghalangi kumpulan semangat itu. Kamis, 7 Oktober 2021, Building and Wood Workers' International (BWI) mengajak afiliasinya untuk saling memberikan perspektif dan inspirasi untuk peranan perubahan bagi dunia ketenagakerjaan, khususnya generasi muda. 

Berbagai perwakilan Serikat Buruh anggota BWI dari berbagai belahan dunia menghadiri webinar ini. SERBUK salah satunya. Webinar ini, secara teknis, diselenggarakan dalam bentuk diskusi panel yang dipandu oleh moderator. 

Gulsah doruk, kordinator komite pekerja muda dari BWI, mengatakan, "Pekerja muda menjadi hal yang penting untuk disikapi dan dibutuhkan peranan aktifnya dalam menghadapi dunia paska pandemi, menguatkan serikat, juga terus aktif melawan segala hal yang mengancam hak pekerja." Gulsah juga memberikan rilis yang dilakukan BWI pada 63 afiliasinya bahwa pekerja muda, berdasarkan usia atau kultur, memang diupayakan untuk bisa memimpin dalam serikat pekerjanya dengan ide-ide yang inovatif. 

Webinar ini menginventarisir pertukaran ide dan pengalaman dari berbagai panelis. Pengalaman perjuangan pekerja di afrika selatan tentang hak perempuan, pengalaman perjuangan atas kebijakan pemerintah dari krygystan, perjuangan perlawanan atas politik sayap kanan di amerika, dan pengalaman kampanye aktifitas kreatif pekerja muda dari Indonesia. 

Husain Maulana, Kordinator Departemen Media dan Propaganda yang mewakili SERBUK, menjelaskan tentang dampak UUCK Omnibus Law dan praktik kampanye kebudayaan serta perluasan jejaring serikat buruh dengan gerakan rakyat yang lain. "Di Provinsi Yogyakarta misalnya, kami, SERBUK, mengajak banyak elemen untuk menyelenggarakan international youth day dengan tema pentingnya pendidikan dan lapangan pekerjaan, lalu aksi bersepeda 551 km dari yogyakarta menuju jakarta untuk menolak omnibus law, dan membuka praktikum mahasiswa universitas di SERBUK untuk bisa mempersiapkan peranan aktifnya dan membantu kerja-kerja serikat" ucap Husain. 

BWI, di akhir sesi, membuka ruangnya untuk aktivis pekerja muda lebih bisa berperan aktif dalam serikat, melakukan mobilisasi, dan menjadi garda depan dalam perubahan. BWI, melalui Sekretaris Generalnya, Ambet Yuson, memberikan seruan penyemangat untuk setiap peserta dalam webinar. "Pekerja muda adalah masa depan serikat" Ambet menunjukkan ekspresi keyakinan dan kepercayaannya akan hal itu. Dan saya pikir, kami juga, merasakannya. Hidup dan bersatulah, seluruh pekerja muda!