Sah! Penerimaan Mahasiswa PPS Prodi IKS UIN Sunan Kalijaga di SERBUK


Sejumlah 5 mahasiswa, 3 laki-laki, 2 perempuan, mengikuti sesi obrolan tentang kilas balik SERBUK dengan antusias. Beberapa pertanyaan dan pendapat dilontarkan. Mereka, selain akan berpraktikum sesuai jurusannya, juga mengatakan, "Akan mengupayakan peranan terbaiknya yang inovatif untuk SERBUK." 

Bestari, ketua kelompok praktikum dari prodi Ilmu Kesejahteraan (PPS) UIN Sunan Kalijaga ini mengenalkan satu per satu anggotanya. Sesi perkenalan ini lalu dilanjutkan Happy, Sekretaris Komite Wilayah (KOMWIL) SERBUK Jateng-DIY yang mengenalkan jajaran strukturnya serta memberikan pengarahan singkat. Hadir juga dalam pertemuan ini (22/9), Dani, mahasiswa paskasarjana pendamping mahasiswa praktikum dan Andi, kordinator Komite Pekerja Muda SERBUK. 

Sebelumnya, mahasiswa praktikum ini juga telah mengikuti kegiatan SERBUK dalam konsolidasi Tenaga Alih Daya PLN dan Pendidikan Advokasi bersama LBH Semarang pada 19 September di Pondok Tingal, Magelang. Mereka mendapati temuan dari kasus buruh-buruh ini yang cukup mengejutkan mereka. "Ternyata beberapa undang-undang yang dibuat untuk buruh ini pada dasarnya lebih banyak menguntungkan pengusaha atau pemberi kerja ya. Saya baru tahu di sini. Dan diakui atau tidak, kami mahasiswa, mau tidak mau, nanti juga berkemungkinan besar jadi buruh juga, sehingga peran aktif dalam serikat ini menjadi penting, dan menjadi penting juga kita bisa berperan dan mempelajarinya lebih awal" ucap Izza, salah satu mahasiswa praktikum. 

Praktikum mahasiswa di SERBUK ini akan berlangsung dari September sampai Desember 2021. Sudah kali ketiga, SERBUK dijadikan tempat mahasiswa praktikum ini dari prodi yang sama. Untuk tahun ini, sebarannya secara online ada yang di Karawang. Dan secara offline, ada di DIY, Klaten, dan Solo Raya. 

Mereka akan berfokus pada isu tentang partisipasi pekerja muda dalam serikat, pengoptimalan pekerja perempuan dalam serikat, serta kasus-kasus tentang isu kesejahteraan dalam perburuhan secara mikro, mezzo, dan makro. SERBUK berharap, begitu juga Mahasiswa praktikum, rangkaian kerja bersama ini akan meningkatkan hal-hal yang lebih baik ke depan. Mahasiswa dan buruh bersatu, perhebat kekuatan, kobarkan perjuangan!.