Berani Berjuang dan Jangan Menghamba Pada Ketakutan!

Oleh: Abdul Gopur*

Perjuangan dalam menggapai tujuan hidup tidak selalu berjalan mudah. Tak sedikit orang yang terhambat kerena menemui rintangan dalam menggapai tujuannya. Begitupun Buruh, yang harus melakukan perjuangan untuk mencapai tujuannya yaitu kesejahteraan buruh beserta keluarga.

Oleh karena itu, penting bagi Buruh untuk memiliki alat perjuanganya yaitu serikat buruh. Kesejahteraan buruh itu tidak serta merta turun dari langit, tidak serta merta pengusaha memberikan kepada buruh, dan bahkan di kondisi sekarang ini, pemerintah melalui regulasinya telah menunjukkan ketidakberpihakannya yang terang-terangan pada buruh. Karenanya, serikat buruh menjadi alat perjuangan yang paling relevan digunakan untuk mencapai kesejahteraan.

Dan untuk itu, penting untuk diadakannya pendidikan-pendidikan sebagai sarana mencerdaskan buruh. Tidak hanya itu, pendidikan ini juga dimaksudkan untuk mencetak kader-kader yang mampu melakukan tugas dan kerja-kerja organisasi. Hal ini tentu saja menjadi penting bagi bahan bakar utama buruh dalam mewujudkan kesejahteraan.

Bagaimana buruh mau sejahtera, sedangkan dia sendiri saja tidak mau memperjuangkan nasibnya sendiri. Perjuangan itu tentu saja tidak sekedar melakukan kewajiban untuk membayar iuran dan menitipkan nasib kepada pengurus. Namun yang tak kalah penting dari itu semua adalah rasa cinta dalam memiliki organisasi dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam setiap undangan diskusi dan pendidikan dari serikat buruh. 

Perlu diketahui bersama, kekuatan bagi serikat buruh bukan hanya iuran anggota, namun yang tak kalah pentingnya adalah kolektifitas anggota. Melalui kolektifitas anggota, serikat buruh mampu mempunyai nilai tawar (bergaining position) yang lebih besar di hadapan pengusaha. Sekalipun kita tahu juga, di dalam prosesnya, perjuangannya tidak selalu mudah dalam mencapai kemenangan, bahkan seringkali mencapai kemunduran.

Keniscayaan bagi buruh adalah bahwa buruh itu harus sejahtera. Dan untuk itu penting bagi buruh harus senantiasa menjaga semangat perjuangan dalam hidup. Karena hidup adalah perjuangan dan perjuangan perlu selalu dihidupkan. Serta penting bagi buruh untuk tidak menghamba pada ketakutan, karena ketakutan adalah suatu pembodohan yang diciptakan. Dan Mundur dari perjuangan organisasi adalah  merupakan suatu bentuk penghianatan. Hidup buruh!


Karawang, Maret 2022 

*Penulis adalah Kordinator Wilayah SERBUK Jateng-DIY