Pelantikan Ketua SBA SEKAR TANJUNG-SERBUK: Pekerja Muda Harus Lebih Aktif!

Jumat (1/3/24), bertempat di ruang pendidikan dan pelatihan PT TKPI (Tanjung Kreasi Parquet Industry) Temanggung, Jawa Tengah, digelar seremoni pelantikan Andi Kurniawan, sebagai ketua umum SEKAR TANJUNG (Serikat Karyawan PT TKPI). Sebelumnya, di awal bulan Februari 2024 kemarin, Andi Kurniawan telah terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum untuk periode 2024-2027. 

Dalam kepemimpinannya tiga tahun ke depan, Bung Andi (panggilan akrab dari Andi Kurniawan) akan membawa dua misi utama. Pertama, menampung aspirasi, membela, melindungi, dan mempertahankan hak-hak dan kepentingan karyawan, agar tercapai dan terjaminnya kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Kedua, terlaksananya hubungan industrial yang baik guna terwujudnya ketenangan di dalam bekerja dan berusaha.

Dalam wawancara singkat setelah pelantikan, bung Andi memiliki harapan agar pekerja muda di PT TKPI bisa lebih aktif dan kritis. “Dalam kepengurusan ke depan sebagai ketua, saya akan mendorong dan melibatkan pekerja-pekerja muda di setiap aktifitas serikat karyawan, karena saya berkeyakinan tumpuan serikat, maju dan tidaknya serikat karyawan ke depan ada di tangan mereka,” terang Bung Andi. 

Pelantikan ini selain dihadiri oleh anggota SEKAR TANJUNG juga dihadiri oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Temanggung dan Perwakilan Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Kedu. Harapan besar kepada kepemimpinan bung Andi juga disampaikan oleh anggota. Saiful sebagai salah satu anggota yang dihubungi oleh media SERBUK sangat yakin bahwa Bung Andi akan amanah di dalam memimpin SEKAR TANJUNG ke depan. “Harapan kita dengan dilantiknya ketua Serikat ini bisa meningkatkan kesejahteraan para karyawan PT TKPI lebih baik lagi dan lebih komunikatif serta bisa mendidik anggota SEKAR TANJUNG agar lebih maju,” Jelas Saiful. 

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Federasi SERBUK Indonesia, Adi Pratomo, menyampaikan selamat atas pelantikan Andi Kurniawan sebagai ketua SEKAR TANJUNG. Adi Pratomo juga menitip harapan untuk Bung Andi agar tidak pernah letih melindungi dan memajukan kapasitas anggota dengan pengetahuan dan ketrampilannya. “Serikat Pekerja adalah organisasi yang bertumpu pada anggota. Kekuatan serikat berada di anggota. Anggota maju serikat juga akan maju, demikian pun sebaliknya,” pesan Ketua Umum Adi Pratomo yang dititipkan lewat media SERBUK.