Kunjungan Komite Eksekutif dalam Penguatan dan Pendidikan SERBUK Komite Wilayah Jambi 2024

Penguatan dan Pendidikan SERBUK Komite wilayah (Komwil) Jambi adalah kegiatan yang diselenggarakan Federasi SERBUK Bersama komite wilyah untuk meningkatkan kapasitas anggota. Contoh dari kegiatannya adalah mengoptimalkan konsolidasi, melakukan kunjungan ke Serikat Buruh Anggota (SBA) dan melakukan pendidikan seperti mempelajari sejarah serikat buruh, struktur masyarakat, cara memmbangun organisasi massa buruh, dan pelatihan ketrampilan kampanye, jurnalistik, dan kerja-kerja pengorganisiran.

Pendidikan ini penting diberikan kepada anggota mengingat diperlukannya wawasan bagi anggota serikat agar mengetahui hak dan kewajibannya. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai penyegaran bagi anggota yang penat dalam rutinitas bekerja terus menerus karena konsolidasi dan pendidikannya dilakukan dengan metode yang menyenangkan.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Komite wilayah jambi dan komite eksekutif serbuk Indonesia dengan menggunakan fasilitas Rumah Kebangsaan Provinsi jambi. Agenda ini diikuti oleh semua SBA SERBUK se-provinsi jambi yang berlangsung dengan penuh nuansa keakraban,kegembiraan dan persahabatan, sehingga kelakar salah seorang peserta, “rasanya hutang-hutang seperti terlupakan.

Sejak Sabtu (25/5/24) pagi kegiatan pendidikan serta konsolidasi ini dijalankan sampai Senin (27/5/24). Acara dilangsungkan di ruang pendidikan dan kantor sekretariat Komwil Jambi. Harapannnya wawasan yang didapatkan pengurus dan anggota yang hadir bisa diteruskan ke seluruh anggota dan calon anggota di setiap SBA masing-masing. Kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan jumlah SBA yang semakin meluas dan bertambah di provinsi Jambi.

-

Tulisan ini adalah hasil merangkai bersama dari seluruh peserta pada pelatihan menulis (Jurnalistik)