F. SERBUK INDONESIA – KOMWIL SUMSEL: “TENDA PERLAWANAN BURUH PT. LANCARJAYA MANDIRI ABADI TOLAK MUTASI !”

 


Sumatera Selatan – Baru saja sehari, aksi ditutup, rencana mogok ditunda dan tuntutan 8 Serikat Buruh di PLTU Gunung Raja diserahkan, tapi manajemen PT. Lancarjaya Mandiri Abadi (LMA) malah menyiram bensin ke dalam kobaran api.

72 buruh mendapatkan mutasi sepihak ke 2 lokasi yaitu ke Jakabaring (Palembang) dan ke proyek di Lampung. Mutasi ini, dilakukan secara sepihak tanpa pernah mengindahkan ketentuan perundangan yang berlaku. Serikat LMA tidak diajak berunding untuk membicarakan hal-hal berkaitan dengan mutasi dan dampaknya. “Bagaimana kondisi kami di tempat baru, pondokan, upah, nasib keluarga dan kompensasi atas mutasi tersebut tidak pernah dibicarakan,” kata Usri Ketua Serikat LMA.

Perusahaan hanya mendasarkan mutasi dengan sebuah pasal dI perjanjian PKWT yang menyatakan bahwa perusahaan berhak menempatkan pekerja ke proyek lain diluar tugas utamanya. Pasal ini, sejatinya merupakan klausul penugasan dan bukan mutasi. Yulian Tatahardi, Koordinator Serbuk Indonesia Wilayah Sumatera Selatan menolak mutasi ini. “Kontrak kerja melanggar hukum sebab mempekerjakan pekerja dengan status PKWT di bagian yang inti dan perusahaan juga tidak memiliki peraturan perusahaan. Maka demi hukum pekerja harus menjadi PKWTT dan mutasi harus dibatalkan, ” kata Yulian. Rencana mutasi sebenarnya sudah digaungkan sejak lama, tetapi perusahaan tidak pernah berbicara dengan serikat.

Kemarin (31/3), sejak pagi hari pekerja berhenti bekerja dan mendirikan tenda perlawanan tepat di lokasi kerja sebagai bentuk protes. 8 serikat di gunung Raja kemudian mengadakan konsolidasi. Dan sesudah mendapatkan berbagai tekanan, perusahaan kemudian menawarkan perundingan yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (01/3).

LMA adalah perusahaan konstruksi yang memiliki spesialisasi pada alat berat dan persiapan kondisi tanah sebelum proyek konstruksi mulai dikerjakan. Selain di PLTU Gunung Raja, LMA juga terlibat dalam berbagai proyek seperti pembangunan tol Cipali, tol Palembang Lampung dan beberapa proyek insfrastruktur skela besar.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.