JAM KERJA PANJANG, PARA SOPIR BILANG : “OOOM TELOLET OOOOM !”

 


Karawang – Sebut saja namaku Slamet. Pekerjaan Sopir. Setiap hari, aku naik mobil, meskipun bukan mobil sendiri. Bekerja sebagai sopir rasanya penuh romantika, tentu saja selain tantangan yang berat.

Kawan-kawan berkelakar, SOPIR itu kalau ngaso ‘mampir’. Artinya, Sopir itu kalau istirahat pasti ‘mampir’. Hal ini menjadi semacam guyonan yang getir bagi kami. Kalau kawan-kawan pernah berkendara di sepanjang jalur pantura, pasti tahu apa arti guyonan itu. Kelelahan menjalankan kendaraan, membuat kami harus mencari tempat istirahat yang aman. Di SPBU, kami kadang dimarahi satpam. Di pinggir jalan, rawan kecelakaan. Maka, kami kemudian memilih istirahat di warung-warung makan di sepanjang jalan pantura.

Disana, kami numpang mandi, istirahat dan sekaligus bisa makan. Kadang-kadang karena berlangganan kami bisa ngutang dulu. Nah, karena warung yang remang-remang itu dan beberapa diantaranya dilengkapi dengan karaoke, kemudian orang menggosipkan macam-macam. Ada juga istilah ‘pijat plus’… Saya nggak tahu, apakah sesudah dipijat dapat hadiah indomie, atau hadiah mainan anak ? Entahlah….

Kawan-kawan bisa membayangkan sendiri, betapa hidup kami habis dijalanan. Membawa mobil, berisi barang yang penuh, kami harus bersabar menghadapi tanjakan, berhati-hati melewati turunan dan ditambah ancaman bajing loncat, sebuah istilah yang populer untuk begal penjarah barang bawaan. Atau, aksi pungli yang dilakukan oleh okmun aparat yang marak sepanjang jalan. Dari Jakarta ke Surabaya, bisa kami tempuh 3-4 hari, tergantung banyak faktor. Kerja sangat panjang tanpa pernah merasakan uang lembur.

Pekerjaan sopir, pasti berbeda dengan kerja di pabrik dengan waktu yang pasti. Kadang, dalam dua minggu sekali kami baru bisa berjumpa keluarga. Kami, para sopir tentu berharap, nasib kami lebih baik. Perlindungan yang lebih baik, upah yang lebih layak, jaminan keselamatan dan kesehatan kerja dan hak normatif lainnya.

Jam kerja yang lebih pendek, upah yang lebih bagus dan jaminan kesehatan yang bagus itu harapan kami.


#8JamKerjaBukanHadiah

#8JamKerjaSedangDibajak

#Kembalikan8JamKerja


KALAU JAM KERJA KAMI PENDEK, PASTI KAMI BETAH DI RUMAH.

OOOM TELOLET OMMMM!