MAYDAY 2020: Terima Kasih untuk Saudaraku, Kaum Tani!

 


Semarang – tepat 1 Mei 2020, kawan-kawan anggota SBA SERBUK PT. Jaykay Files Indonesia mendapatkan bantuan solidaritas dari kaum tani yang terhimpun dalam Forum Perjuangan Petani Batang (FPPB), mereka merupakan anggota dari Konsorsium Pembaruan Agraria. Bantuan solidaritas tersebut berupa beras sebanyak 1 ton dan singkong 5 kwintal yang merupakan hasil panen para petani di Batang.

Bantuan ini merupakan wujud solidaritas kaum tani kepada kaum buruh yang terkena PHK oleh perusahaan dengan dalih pandemi covid19. Menurut Rudi Casrudi, Pengelola Lumbung Agraria KPA “Kalau selama ini Petani memproduksi bahan pangan dan makanan, para buruh memproduksi sandang dan kebutuhan lain untuk para petani dan kita semua. Maka sudah selayaknya kita saling bantu.” Tegas Rudi.


Tentu saja solidaritas ini sangat berharga sekali bagi kawan-kawan buruh yang di-PHK tanpa mendapatkan pesangon. Abdul Gopur dari SERBUK – KPBI Jawa Tengah yang mewakili kawan-kawan anggota SBA SERBUK PT. Jaykay Files Indonesia (SERBUK PT. JKFI), mengapresiasi betul apa yang dilakukan kawan-kawan FPPB – KPA “saya atas nama SERBUK JKFI dan KPBI sangat terharu dengan kepedulian kawan-kawan FPPB dan KPA. Solidaritas dari kawan-kawan sangat bermakna sekali bagi kami, semoga ini menjadi jalan lapang bagi persatuan kaum buruh dengan para petani dalam satu arah juang yang sama” ucap Gopur setelah menerima bantuan.

Bantuan kaum tani yang tergabung dalam KPA itu merupakan wujud kerjasama antara KPA dengan KPBI dalam semangat rakyat bantu rakyat, di tengah minimnya bantuan dari Negara saat pandemic menerjang Negeri ini dua bulan terakhir. Selain berupa bantuan Cuma-Cuma, kerjasama antara KPA dengan KPBI juga diwujudkan dalam bentuk paket sembako murah, khususnya beras dan sumber karbohidrat lainnya seperti kentang dan singkong.



Seperti kita ketahui bersama, buruh adalah kelompok yang paling rentan saat terjadi kemerotan ekonomi akibat pandemi Covid19. Hal ini seperti ditegaskan dengan rilis Kementerian tenaga kerja terakhir, sampai dengan tanggal 24 April kemarin sudah ada 2,8 juta buruh yang terPHK.

Bagi kaum buruh, kerjasama ini meneguhkan kembali siapa sahabat sejati kaum buruh? Hanya kaum tani lah sahabat sejati kaum buruh. Persahabatan yang dipersatukan oleh musuh yang sama yaitu Imperialisme.