Gowes for demokrasi: Solidaritas Kita untuk Rakyat Myanmar

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)ASEAN yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 24 April 2021 di Jakarta, menyisakan dua sisi yang berbeda. Pada satu sisi, seperti dilansir berbagai media nasional dan internasional, menyampaikan harapannya agar Panglima Militer Myanmar Min Aung Hlaing yang akan hadir bersedia memberikan komitmen untuk menyelesaikan situasi kelam di Myanmar Pasca kudeta sejak awal Februari 2021 lalu. Sedangkan, aktivis gerakan dari berbagai lapisan menyerukan penolakan atas kehadiran Hlaing. Alasannya, tak pantas Jenderal yang tangannya berlumuran darah tersebut hadir ke Indonesia. Untuk itulah seruan penolakan digemakan.

Bersama dengan berbagai elemen masyarakat sipil, Federasi SERBUK Indonesia/(The Federation of People Union – Indonesia) dan Konfederasi persatuan Buruh Indonesia/Indonesian Confederation of United Workers (KPBI) akan bergabung dalam aksi-aksi solidaritas untuk rakyat Myanmar, salah satunya dalam aksi berlabel 'Gowes for Democracy (Bike for Democracy)’ yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 24 April 2021, mulai jam 4 sore dengan titik kumpul di Gedung YLBHI Jakarta.

Ketua Umum Konfederasi Bersatuan Buruh Indonesia Ilhamsyah menyatakan bahwa aksi solidaritas menunjukkan kesamaan nasib sebagai rakyat di negara-negara ASEAN. “Gerakan rakyat sipil di Indonesia menolak dengan tegas kehadiran Min Aung Hlaing sebagai pimpinan kudeta di Myanmar dan mendukung kehadiran National Unity Goverment sebagai perwakilan pemerintah yang merepresentasikan rakyat Myanmar,” tegas Ilhamsyah. Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Federasi SERBUK Indonesia Usman Sopiyan menyatakan bahwa aksi solidaritas juga dijadikan sebagai tekanan kepada Junta Militer yang sekarang berkuasa di Myanmar untuk menjamin akses kemanusiaan dan kesehatan serta penghentian kekerasan di Myanmar. “Hentikan pembunuhan terhadap masyarakat sipil dan jaminan akses kemanusiaan dan kesehatan kepada rakyat Myanmar,” ujar Usman dari Karawang. Bagi SERBUK Indonesia, aksi ini juga merupakan bagian dari seruan aksi global yang diinstruksikan oleh Building and Woodworkers International (BWI) sebagai afiliasi Internasional.

Selain aksi bertajuk Gowes for Democracy, berbagai elemen masyarakat dari berbagai masyarakat sipil juga merencanakan aksi di depan Sekretariat ASEAN di Jakarta pada 24 April 2021.

Amandla!