Menegaskan Posisi Penting Kaum Muda dalam SP PLN SAPA MILENIAL

Selasa (25/1), Pengurus Komite Wilayah Jateng—DIY SERBUK Indonesia menghadiri acara “SP PLN SAPA MILENIAL,” yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja PT. PLN (persero) dan bertempat di aula UP3 PLN Semarang.  

Acara ini digagas oleh DPP SP PLN sebagai sarana untuk mendekatkan kaum milenial di PLN dengan Serikat Pekerja. Seperti gejala umum di dunia kerja yaitu, merosotnya jumlah keanggotaan Serikat Pekerja dengan segala problematikanya. 

Indah Budiarti, dari Public Services International (PSI) yang hadir sebagai narasumber kegiatan ini menegaskan, jumlah keanggotaan berbanding lurus dengan kekuatan serikat pekerja. “Semakin besar jumlah keanggotaan sebuah serikat, maka semakin besar pula nilai tawarnya.” Tegas mbak Indah, kemudian melanjutkan. “Jika ukuran kecantikan pada umumnya adalah small is beautiful, maka di SP beda, big is Power full.” 

Di tengah era disrupsi ekonomi seperti sekarang, ketika proses produksi dan distribusi barang semakin liar yang membuat buruh berada hubungan kerja yang sangat fleksibel, mau tidak mau serikat pekerja harus menyesuaikan dengan keadaan yang demikian. Sebagaimana hukum besi perubahan: siapa yang tidak mau beradaptasi, akan dilindas dan mati. Dengan SAPA MILENIAL ini, SP PLN memilih yang pertama, beradaptasi dan menang. “Kapal besar SP PLN telah terbukti tidak hancur diterjang ombak, maka ia terus ada.” Gelora ketua DPP SP PLN, bung Abrar Ali. Disambut tepuk tangan kaum milenial di perusahaan plat merah ini. 

Abdul Gopur, Ketua Komite Wilayah Jateng—DIY SERBUK Indonesia mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai bagian dari gerakan buruh di Indonesia, apa yang dilakukan SP PLN dengan roadshow keliling Indonesia menyapa generasi milenial di PLN, sebagai calon pemimpin serikat buruh di masa depan, merupakan bagian penguatan gerakan buruh di Indonesia. 

Apa yang dilakukan SP PLN, dengan berfokus kepada generasi muda, selaras dengan SERBUK Indonesia. Dalam kongres ke-4 setahun yang lalu, SERBUK Indonesia sudah memutuskan kaum muda adalah masa depan serikat pekerja. Oleh karena itu, dalam periode kepengurusan sekarang banyak sekali program yang direncanakan untuk mendorong maju kaum muda di SERBUK Indonesia.

Pak Komwil, begitu ia sering disebut, juga mengapresiasi SP PLN yang terus mendorong kolaborasi antara SP PLN dengan Serikat buruh di kawan-kawan Tenaga Alih Daya (TAD) PLN, sebagai bagian keluarga besar buruh di sektor ketenagalistrikan. Mereka ini memiliki potensi sangat besar melindungi aset-aset strategis bangsa, khususnya di sektor energi kelistrikan. “Kolaborasi yang semakin intim antara SP PLN dengan SERBUK, SPEE, dan Serikat-serikat di TAD adalah potensi sangat besar untuk melindungi hak-hak buruh dan kepentingan publik. Semoga kegiatan hari ini menjadi awal yang baik dalam menggalang persatuan buruh di sektor ketenagalistrikan.”