Menggiatkan Kampanye Perjuangan di Pendidikan Media dan Jurnalistik Sesi Ketiga SERBUK Sumatra Selatan

Oleh: Budiyansah*

Minggu (19/6), telah dilaksanakan kembali Pendidikan Media dan Jurnalistik sesi ketiga yang bertempat di seketeriat SERBUK PLTU Sumsel 1 berjalan dengan lancar. Semangat dari para peserta begitu antusias menjalankan dan mendengarkan arahan dari pemateri pendidikan ini yang masih sama, yaitu Bung Husen yang berasal dari Komite Eksekutif Federasi SERBUK Indonesia yang datang secara langsung demi mengisi pendidikan sesi ketiga ini.

Kegiatan ini dimulai pukul 9 pagi sampai 4 sore. Salah satu yang dijelaskan oleh pemateri hari ini yaitu berjudul Media Kampanye Perjuangan Buruh. Ada 4 poin di dalam kampanye perjuangan ini:

1. Rangkaian kegiatan/peroses dalam memenangkan tuntutan;
2. Bersifat mempengaruhi;
3. Mendatangkan dukungan;
4. Menekan pihak yang berlawanan. 

Beberapa praktik di dalam kampanye adalah kita harus mengetahui sasaran kampanye, isi kampanye, dan target kampanye. Hal ini bisa membuat bertambahnya keyakinan kepada si pendengar terkait apa yang kita kampanyekan. Lalu, poin kampanye ini menjadi nilai yang bisa diterima oleh si penerima kampanye. Sehingga apa yang kita kampanyekan menjadi salah satu motivasi untuk semua orang. Dan kita akan mendapatkan dukungan yang lebih luas di dalam tuntutan yang kita kampanyekan.

Dalam pendidikan hari ini peserta juga diwajibkan untuk membuat apa yang akan di kampanyekan secara kelompok. Dan kelompok yang lain akan menjadi pendengar sekaligus merespon dari apa yang dikampanyekan oleh kelompok yang lain. Kegiatan ini pun kemudian menjadi meriah. Karena di sini kita bisa menjadi siapa saja selaku pendengar. Setelah kelompok menceritakan apa yang dikampanyekan kemudian kelompok yang lain akan bertanya apa yang belum dipahami di dalam apa yang dikampanyekan.

Begitu serunya sesi ini sampai membuat kami tak ingat waktu jeda istirahat makan siang. Dan Alhamdulillah, ketua panitia penyelenggara kemudian mengingatkan kami. Akhirnya kami pun istirahat sejenak guna melakukan istirahat makan siang dan sholat dzuhur.

Istirahat selama 20 menit pun berlalu sehinga kami melanjutkan kegiatan yang masih tertunda, yaitu mendengarkan presentase dari kelompok yang lainnya. Sesi saling merespon ini memang sangat seru. Respon dari peserta yang lain bisa berpura-pura sebagai pihak pemerintah, pihak perusahaan, pihak buruh yang bersolidaritas, dan lain sebagainya. Di akhir, yang membuat pendidikan ini lebih menarik adalah di akhir sesi sebagai penutup ada puisi kampanye perjuangan yang langsung dibawakan oleh pemateri, yaitu Bung Husen. 

Setelah kami mendengarkan puisi sebagai penutup acara. Kami pun melakukan swafoto bersama guna dijadikan dokumentasi bagi kami yang hari ini mengikuti Pendidikan Media dan Jurnalistik sesi ketiga ini. Kami pun tentu tak lupa menyerukan slogan bersama: jurnalistik buruh, mencerdaskan buruh! 

Muara Enim, 2022

*Penulis adalah ketua SERBUK PT Topkey Gunung Raja, Muara Enim, Sumatra Selatan