SERBUK Indonesia Menghadiri BWI Global Conference on Belt and Road Inititaive di Manila


Bertempat di Novotel Araneta Center Manila Philipina, BWI menyelanggarakan "BWI Global Conference on Belt and Road Inititaive (BRI). Acara berlangsung selama 3 hari, 12-14 Juni 2022.

Ketua Umum SERBUK Usman Sopiyan menghadiri acara tersebut dan melaporkan berbagai capaian pengorganisasian yang dilakukan oleh SERBUK dalam mengorganisir pekerja konstruksi yang dibiayai oleh investasi China. 

Sebagai global union yang fokus dalam pengorganisasian sektor konstruksi, BWI memfokuskan perjuangannya secara global dengan dua strategi utama. Pertama, fokus penguatan serikat pekerja afiliasinya melalui pendidikan dan penguatan struktur serikat pekerja di tempat kerja. Fokus ini berarti menjadikan serikat berdaya dengan perjuangan di tempat kerja. Kedua, fokus pada upaya mengubah kebijakan global melalui kampanye, dialog, negosiasi, dan aksi global.


Selain membahas investasi China yang mendominasi berbagai proyek konstruksi di Asia Pasifik, Afrika, dan Amerika Selatan, perhatian terhadap perusahaan yang tergabung dalam MNC juga menjadi tema diskusi. Perubahan dan perpindahan kapital, pergeseran dominasi,  dan respon serikat pekerja dalam menjawab tantangan tersebut akan dirumuskan dalam resolusi Kongres V BWI yang akan dihelat di Madrid, Spanyol pada Oktober 2022.

BWI menegaskan bahwa komitmen untuk membangun kesetaraan dan kondisi kerja yang lebih baik, harus dibangun secara terus menerus dan berkesinambungan.

Vamos! Organise Beyond Borders!