Konsolidasi Tenaga Alih Daya PLN di Temanggung


Sebanyak 60 tenaga alih daya PT PLN (Persero) dari 7 rayon hadir dalam konsolidasi yang diadakan di gedung ex Stasiun Lama Temanggung. Mereka berasal dari 7 rayon Magelang, Tegalrejo, Purworejo, Parakan, Borobudur, Kutoarjo, dan 

Pertemuan tersebut merupakan agenda rutin untuk membahas berbagai permasalahan di tempat kerja dan merencanakan agenda selama sebulan ke depan. Zaenudin, koordinator TAD Temanggung menjelaskan bahwa perubahan di tempat kerja yang dinamis mengharuskan pekerja melakukan advokasi yang lebih terarah. "Kita harus memahami situasi di tempat kerja yang dinamis dan merespon berbagai masalah yang datang," ujarnya dalam pertemuan. 


Abdul Gopur dari SERBUK Komite Wilayah Jawa Tengwh dan DIY menjelaskan berbagai advokasi yang sudah dijalankan, salah satunya pertemuan fasilitasi yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja  Provinsi Jawa Tengah. Pertemuan tersebut, merupakan kelanjutan dari pengaduan para pekerja terkait dengan pemotongan upah, peraturan perusahaan, dan hak-hak normatif yang selama ini belum diberikan perusahaan. "Pertemuan dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah menghadilkan beberapa rekomendasi, salah satunya agar peraturan perusahaan yang ada disosialisasikan dan aturan yang ada di dalamnya dijalankan," jelas Gopur.

Selain terkait hak-hak normatif, para pekerja juga merencanakan beberapa agenda yang akan dijalankan selama sebulan ke depan, salah satunya pendidikan dasar keserikatburuhan. 

Pada akhir pertemuan, disepakati beberapa agenda yang akan dijalankan selama sebulan ke depan, salah satunya adalah mengadakan pertemuan bipartit dengan perusahaan untuk merundingkan pelaksanaan beberapa rekomendasi dari Disnaker. (Khi)