Hentikan Tindak Semena-mena Polisi pada Dugaan Rekayasa Kasus Klitih di Yogyakarta

Pramodya, pernah menuliskan seperti ini di novel Larasati, "Ada yang membunuh. Ada yang dibunuh. Ada peraturan. Ada undang-undang. Ada pembesar, polisi, dan militer. Hanya satu yang tidak ada: keadilan."

Hal demikian terjadi lagi. Kali ini menimpa pemuda-pemuda tidak bersalah yang tiba-tiba dijadikan status tersangka oleh polisi dalam kasus Klitih yang menewaskan seorang pengendara motor di Gedongkuning, Yogyakarta. Peristiwa ini terjadi pada 3 April 2022. Singkat cerita, untuk menyematkan status pelaku ini, polisi diduga kuat melakukan tindakan intimidasi dan kekerasan yang menyerang fisik dan mental korban yang dipaksa menjadi pelaku. 

Pemandangan polisi demi kepentingan tertentu untuk 'cuci tangan' dan 'memanipulasi citra diri sebagai penegak hukum' terlihat semakin menjijikkan. Kita tidak bisa lagi diam. Kita harus melakukan sesuatu sebelum korban-korban lain berjatuhan. 

Davit Mamet, Dramamawan Amerika, pernah menyindir keras perilaku menyebalkan lembaga kepolisian ini. "Polisi begitu menghargai status mereka sebagai penjaga perdamaian dan pelindung masyarakat sehingga kadang-kadang mereka diketahui memukuli sampai mati warga atau kelompok yang mempertanyakan status itu," ujarnya. 

Mari, kawan-kawan. Kita mengambil peran untuk perjuangan atas keadilan korban ini. Kita kawal terus penanganan kasus yang sedang berjalan. Dan kita lakukan berbagai hal yang mendukung korban agar tidak merasa sendirian! 

Untuk memahami konteks peristiwa lebih lanjut, kawan-kawan bisa membaca beberapa laman dari tautan berikut: 

KR Jogja » 

https://www.krjogja.com/berita-lokal/read/479595/kuasa-hukum-terdakwa-klitih-gedongkuning-laporkan-penyidik-ke-propam-polda-diy

Kumparan » 

https://kumparan.com/pandangan-jogja/ibu-terdakwa-klitih-datangi-lbh-anak-saya-korban-salah-tangkap-disiksa-aparat-1zBTYJKWkuM

Berikut ini juga ada pemberitaan dari laman youtube dan instagram yang bisa kawan-kawan saksikan dan berikan komentar untuk mendukung korban. 

Narasi »

https://youtu.be/bGjTmLvDZlA

https://www.instagram.com/reel/CkivCmlhGVw/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Silahkan dibagikan! Keadilan akan terus ada! Akan terus berlipat ganda!