Buka Bersama SPLAM Perkuat Konsolidasi Keanggotaan

Gerimis baru saja reda. Senin (3/4/23), Serikat Pekerja Listrik Area Magelang (SPLAM) menyelanggarakan buasa puasa bersama. Sejumlah 40 anggota beserta perwakilan Komite Eksekutif Federasi SERBUK hadir langsung di lokasi acara. 

Bertempat di Scripta Edu Cafe kota Magelang kegiatan dilangsungkan. Cahaya temaram lampu, penataan meja dan kursi yang klasik dan sederhana, serta hamparan sawah menamah keintiman suasana. “Buka puasa bersama ini selain mempererat keakraban, juga untuk membahas keberlanjutan advokasi rencana sebelumnya serta Tunjangan Hari Raya (THR) yang sebentar lagi harusnya sudah dibayarkan oleh pemberi kerja,” ucap Ari, Ketua SPLAM. 

Peserta yang mewakili 5 rayon (wilayah pembagian area kerja) terlibat dalam diskusi yang aktif. Hasil poin-poin konsolidasi keanggotaan ini penting untuk nanti disampaikan ke seluruh anggota. Secara bertahap dan rutin kegiatan seperti ini terus dilakukan secara intens agar menjaga rel organisasi tetap di jalur yang tepat. 

Britha Mahanani, Departemen Advokasi Federasi SERBUK memberikan penjelasan hukum tentang THR dan kasus yang lain dengan runut. Anggota SPLAM menyikapinya degan beberapa pertanyaan dan respon. Salah satunya misalnya dijelaskan oleh Britha mengenai THR ini bahwa pemberi kerja wajib memberikannya kepada pekerja sebelum H-7 dari hari raya. 

Serikat Pekerja penting untuk selalu memperkuat keanggotaannya. Konsolidasi, diskusi, dan peringatan atas momentum tertentu bisa menjadi kegiatan rutin yang baik untuk membangun dan semakin meningkatkan pemahaman bersama. Tanpa itu, dengan cara apa lagi serikat pekerja menguatkan anggotanya? (Mh)