Menyambut 10 tahun Federasi SERBUK: Khitanan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Diselenggarakan

Minggu pagi di perumahan Griya Mas Karawang, nampak semuanya terlihat senang. Tenda acara didirikan. Kursi-kursi ditata. Di tengahnya spanduk membentang bertuliskan “Anniversary Ke-2 Komunitas Truk Rock n Roll Indonesia & Rangkaian Harlah 10 Tahun SERBUK Indonesia: Khitan Massal, Pemeriksaan Kesehatan, dan Santunan Anak Yatim”.

Tertanggal 23 Juli 2023, Komunitas Truk Rock N Roll Indonesia yang berafiliasi ke Federasi SERBUK sebagai sektor pekerja bahan bangunan informal menginisiasi kegiatan ini. Masyarakat terlihat antusias. Hilir mudik anak-anak yang siap dikhitan beserta warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan berjalan dengan tertib. 

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 8 pagi ini sekaligus menjadi rangkaian 10 tahun Federasi SERBUK. Kegiatan yang diikuti oleh keanggotaan Komunitas Truk Rock N Roll Indonesia dan warga Setempat RT 005 RW 007 Perumahan Griya Mas Karawang ini terselenggara dengan berkolaborasi bersama Yayasan Portal Donasi, RS Mandaya Hospital Grup, dan Karang Taruna Desa Cengkong Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang.

Adi Pratomo, Ketua Umum Federasi SERBUK menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kali pertamanya dilaksanakan oleh SERBUK dan kedepannya kegiatan sosial ini akan dijadikan agenda rutin oleh serikat. “Perjuangan organisasi serikat pekerja adalah perjuangan masyarakat secara luas, begitu juga sebaliknya. Oleh karenanya, kegiatan yang kolaboratif dan menjunjung tinggi solidaritas ini penting untuk dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja,” terang Adi. 

Di tengah berlangsungnya kegiatan, dari tenda utama, masyarakat juga dihibur oleh suara emas dari Mas Yanto yang dikenal dengan Iwan Falsnya Karawang serta beberapa penampilan dari warga setempat. Suasananya begitu riuh dan gembira serta penuh akrab. 

Rangga Kusumah, CEO Portal Donasi mengatakan bahwa saat ini kondisi lapangan pekerjaan semakin berkurang di tengah regulasi yang semakin tidak berpihak terhadap kepentingan buruh. “Maka penting sekali untuk calon pekerja baru agar mengubah perspektif, salah satunya dengan cara menambah skill secara khusus yang memilki daya saing dan nilai tawar tersendiri," ucapnya. Hal tersebut misalnya bisa diimplementasikan dalam keterlibatan aktif pada organisasi dan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk sesama.

Kegiatan sosial ini juga menandai rangkaian berbagai aktifitas yang akan diselenggarakan SERBUK sampai puncaknya pada bulan Desember. Kepengurusan SERBUK berharap anggota-anggotanya yang tersebar di berbagai wilayah untuk juga turut serta dalam memeriahkannya.

Reporter: Andi