Konsolidasi Awal Tahun SBA Baru SEKAR TKPI-SERBUK: Selamat Menyambut Perjuangan Bersama!


Sabtu (13/1/23), bertempat di gedung LBH Muhammadiyah Temanggung, konsolidasi awal tahun antara pengurus Serikat Karyawan PT Tanjung Kreasi Parquet Indonesia (SEKAR TKPI) dan Federasi SERBUK Komite Wilayah Jateng-DIY diselenggarakan. Konsolidasi ini merupakan tindak lanjut dari surat permohonan afiliasi SEKAR TKPI yang ditujukan ke Federasi SERBUK pada Desember 2023. 

Hadir dalam pertemuan ini adalah pengurus Federasi SERBUK, tim organiser SERBUK kota Temanggung, dan pengurus harian SEKAR TKPI. Pertemuan ini dimaksudkan menjadi silaturrahmi strategis dan pembahasan penting untuk perencanaan-perencanaan ke depan. 

“Pertemuan ini adalah momen yang penting bagi SEKAR TKPI karena sudah secara sah terafiliasi dengan Federasi SERBUK. Harapannya, penguatan SEKAR TKPI bisa lebih kuat secara kapasitas dan tanggung jawab keorganisasian dalam hal hak dan kewajiban bisa berjalan dengan baik,” ucap Andi Kurniawan, Ketua SEKAR TKPI dalam sambutannya. 

Konsolidasi awal tahun ini membahas beberapa keadaan yang penting untuk disikapi oleh SEKAR TKPI dan Federasi SERBUK, terutama yang berkaitan dengan sektor perkayuan. Hal tersebut seperti kondisi sektor perkayuan secara global, sertifikasi FSI, dan upaya mendorong keanggotaan secara aktif dalam pendidikan serta pelatihan yang akan diadakan. Selain itu, pengoptimalan pekerja perempuan dan pekerja muda juga penting menjadi perhatian. 

SEKAR TKPI sebagai serikat pekerja yang sudah berdiri sejak 2004 terus menguatkan organisasinya. Keanggotaannya saat ini mencapai 558 pekerja. Hal ini akan menjadi sinergi yang signifikan karena Federasi SERBUK dan Building Wood and Worker’s International sebagai afiliasi internasional memiliki konsentrasi pada sektor perkayuan yang diprioritaskan. 

Husain Maulana, Departemen Media dan Propaganda Federasi SERBUK yang hadir dalam pertemuan ini juga menyampaikan bahwa pendidikan, pelatihan, serta kordinasi yang rutin ini akan menjadi penguat bagi Serikat Buruh Anggota dan juga Federasi SERBUK secara langsung. Konsolidasi ini juga menegaskan satu hal penting mengenai komitmen ke depan, yaitu sikap, baik bagi SEKAR TKPI ataupun Federasi SERBUK, untuk menyambut gelanggang perjuangan bersama-sama!