Mari Bertindak untuk International Workers Memorial Day (IWMD) 2024

 

Mari kita mulai tindakan ini dengan seruan: Cukup sudah! Mari kita bicara tentang bahaya!

Tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Peringatan Pekerja Internasional tahun 2024. Meskipun telah berhasil menetapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai hak fundamental, kenyataan pahitnya masih tetap ada: kita menyaksikan peningkatan angka kematian setiap tahunnya akibat kecelakaan dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan. Tahun ini, BWI akan menyoroti risiko-risiko yang menyebabkan hilangnya nyawa pekerja di sektor kita sehari-hari, dengan tema: CUKUP SUDAH CUKUP—MARI BICARA BAHAYA.

Serikat pekerja di seluruh dunia akan berkolaborasi dengan siapa saja untuk melakukan kegiatan bersama, dan/atau mengorganisir aksi unjuk rasa untuk menggarisbawahi bahaya kritis di sektor kita dan menyusun strategi untuk mencegah kematian di tempat kerja di masa depan. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 22 hingga 28 April.

Menurut laporan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) pada bulan November 2023, perkiraan terbaru kecelakaan dan penyakit terkait kerja mendekati 3 juta, dengan 2,6 juta kematian disebabkan oleh penyakit terkait pekerjaan dan 330.000 disebabkan oleh kecelakaan fatal. Angka ini menunjukkan peningkatan lebih dari 5 persen dibandingkan tahun 2015. Tren ini jelas, mengkhawatirkan dan tidak dapat diterima! Masing-masing kematian ini dapat dan seharusnya dapat dicegah.

Untuk mengenang mereka yang hilang, kami menyerukan upaya kolektif untuk memastikan bahwa semua pekerja menyadari hak-hak mereka, dan bahwa semua pemberi kerja memahami kewajiban mereka dalam mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan bahaya di tempat kerja.

Kami mewujudkan hal ini melalui aksi kolektif terkoordinasi dan inisiatif lain menjelang Hari Peringatan Pekerja Internasional pada tanggal 28 April. Mari berikan suara dan keterlibatan kita semua dalam aksi global ini.  

 

#IWMD24  

#LetsTalkHazards