Buruh Susun Kekuatan Serbuk Indonesia di PT DNI Karawang

 


Karawang (19/01) – Buruh di PT. Daiwabo Nonwoven Indonesia (DNI), Karawang, bersepakat membentuk serikat dan berafiliasi dengan Federasi SERBUK Indonesia, Selasa (17/01).

Keinginan membentuk serikat buruh, awalnya diinisiasi oleh sejumlah buruh yang berharap adanya perbaikan dan peningkatan kesejahteraan di perusahaan.

Sekretaris Jenderal SERBUK Indonesia, Subono, yang turut mendampingi pembentukan Serbuk PT DNI tersebut menegaskan kembali pentingnya serikat buruh sebagai alat perjuangan untuk merebut cita-cita kesejahteraan buruh.

“Hanya dengan berserikat buruh akan kuat dan sesudah menjadi kuat, maka cita-cita perjuangannya harus diarahkan pada kesejahteraan anggota,” paparnya.

Melanjutkan proses pembentukan, para pengurus baru merencanakan rekrutmen anggota secara maksimal dengan juga mengajak buruh kontrak untuk bergabung. Pengurus menargetkan terbentuknya PKB di perusahaan sebagai target besar mereka tahun 2017 9j9. Mereka meyakini bahwa kekuatan serikat harus mampu memenangkan perjanjian yang berpihak pada buruh.

Dalam pandangan pengurus, Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang menguntungkan buruh adalah perjanjian yang dibuat dan dengan dukungan semua buruh dihadapan pengusaha. Dalam perjanjian ini, seluruh buruh terlibat dalam merumuskan kepentingan-kepentingannya. Kepentingan yang di rumuskan bersama inilah yang disodorkan sebagai rancangan Perjanjian bersama buruh – pengusaha.

“Jadi sebenarnya hampir semua isi perjanjian itu adalah kontribusi buruh,” ujar salah seorang pimpinan.

Sukirman, staff Departemen Organisasi SERBUK Indonesia mengatakan  terbentuknya serikat di PT. Daiwabo merupakan kerja panjang pengorganisasian yang dilakukan SERBUK. “Kami melakukan pemetaan serikat, kawasan industri dan beberapa isu penting,” jelasnya.

Selain itu, menurut Kirman, salah satu kunci penting pengorganisiran adalah adanya propaganda yang masif dan berkelanjutan untuk mendidik buruh dengan pemahaman yang lebih maju.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.