Pendidikan Dasar-Dasar Serikat Buruh: Belajardari Sejarah Masa Lalu, Menyusun Masa Depan Serikat Buruh!

 


Karawang (3/01) Pendidikan Dasar Serikat Buruh yang diselenggarakan oleh Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK) Indonesia yang diselenggarakan di Karawang dihadiri 25 peserta dari berbagai basis Serikat Buruh Anggota (SBA). Para peserta adalah pengurus inti di masing-masing serikatnya.

Sesi pertama mendiskusikan Sejarah Gerakan Buruh Indonesia (SGBI) dengan Fasilitator Arifin Syarif dari Lembaga Informasi Perburuhan Sedane atau akrab disapa kang Iip. Dalam pengantarnya, Iip menyatakan bahwa mempelajari sejarah sejatinya sedang merancang masa depan sebuah serikat. “Belajar dari masa lalu, kita akan menemukan pengalaman kalah dan menang. Kekalahan akan jadi bahan refleksi dan kemenangan akan menjadi inspirasi,” tutur Iip.

Sementara, Ketua Umum SERBUK Indonesia Subono menjelaskan bahwa pendidikan Dasar-dasar Serikat Buruh ini merupakan putaran pertama dari pendidikan dasar untuk semua pengurus inti SBA SERBUK Indonesia. Pendidikan reguler ini rencananya akan diselenggarakan hingga enam bulan ke depan. “Kita berharap pendidikan rutin ini bisa dijalankan berturut-turut hingga enam bulan ke depan, selain Dasar-dasar Serikat Buruh, kita akan mengadakan pendidikan dengan tema Perjanjian Kerja Bersama (PKB), Globalisasi, dan Manajemen Serikat Buruh,” jelas Subono.

Pendidikan dilakukan dengan metode fasilitasi. Dalam metode ini, peserta dan pemateri menjalankan interaksi aktif, saling bertanya, saling melengkapi, dan juga melakukan diskusi atas berbagai temuan yang ada di dalam kelas.

Muhammad Adhar Nasir, salah satu peserta yang hadir dari Jakarta menjelaskan bahwa metode balajar yang interaktif membuat peserta bersemangat ikut belajar. “Pendidikannya menarik, peserta bebas bertanya dan peserta lain memiliki kesempatan yang sama untuk menanggapi. Pemateri di kelas, hadir sebagai fasilitator yang mengatur lalu lintas interaksi antar peserta,” jelas Adhar.

Pendidikan akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 4 Februari 2018 terdiri dari 5 sesi. Selain SGBI, peserta akan mengikuti sesi Membangun Serikat Buruh, Menyusun Prioritas Perjuangan, dan Strategi Pengorganisiran.