IWMD2020: KAMI MUDA, KAMI MENGORGANISIR, KAMI SERIKAT BURUH!


 Foto ini adalah barisan anak muda kampus. Tidak hanya menghabiskan waktu di meja kuliah, mereka juga hidup di tengah massa rakyat. Sebagian besar dari mereka, terlibat aktif dalam sebuah komunitas bernama Paguyuban Pengajar Pinggir Sungai (P3S), di Kali Code, Sendowo, Yogyakarta. Mereka menemani anak-anak warga, belajar, mengerjakan PR pada sore hari, latihan nyanyi, teater anak-anak, dan aktivitas lainnya bersama warga.

Selain itu, mereka juga terlibat aktif dalam berbagai aktivitas SERBUK Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mengorganisir dan mendampingi buruh-buruh berdiskusi. Awal keterlibatannya, mereka terlibat dalam diskusi, menyiapkan event, dan membuat berbagai kreasi untuk mendukung aktivitas pengorganisasian. Membuat poster-poster aksi, menyiapkan teatrikal dalam aksi menjadikan aksi-aksi buruh di sepanjang Malioboro menjadi lebih berwarna. Beberapa video yang tayang di media sosial, juga karya mereka. Pada semester akhir, beberapa magang di sekretariat SERBUK. Banyak hal yang dipelajari, intinya mereka diajak mematerialkan pemahaman-pemahaman mereka di kampus dengan kenyataan lapangan, kondisi keluarga buruh yang terpojokkan, dan banyak keadaan.

Saya bertemu dengan beberapa di antara mereka jauh pada awal-awal SERBUK memulai diri sebagai federasi. Kadang kami nongkrong menghabiskan waktu di bebera angkringan bersama suhu-suhu peradaban: Gonjes, Mas e Tole, kakak Ecen… Juga menyortir buku-buku bersama.

Dari Yogyakarta, mereka menyuarakan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja untuk buruh. Mereka mengatakan, seharusnya tempat kerja tidak menjadi kuburan bagi buruh-buruh. Semestinay kerja bukan uji nyali.

#BWI2020IWMD

#BANASBESTOS

#IWMD2020

#DEBUASBESTOSRACUN

#SERBUKBWIIWMD2020

#ASBESTOS-B3

#STOPCOVID19

#ASBESMUBUKANUNTUKKU

#SPEAKUP-STANDUP-COMEHOME

#ASBESMEMBUNUHMU

#AMANDLA

#IWMDTANPAASBESTOS

#POWERTOTHEPEOPLE

#KESEHATANITUMAHAL

#STRONGUNIONPOWER

#TEMPATKERJABUKANKUBURAN

#BERANIBERJUANGPASTIMENANG

#KERJABUKANUJINYALI

#LIFEBEFOREPROFIT

#NYAMUBERHARGA

#NYAWALEBIHBERHARAGDARIPADALABA

#UTAMAKANNYAWADARIPADALABA