Pendidikan Basis Adalah Investasi Jangka Panjang

Karawang, Minggu (3/9), bertempat di Balai Serba Guna perumahan Griya Pesona Asri desa Cibalongsari kecamatan Klari, Departemen Advokasi Komite Eksekutif Federasi Serikat Buruh Kerakyatan Indonesia akan mengadakan pendidikan advokasi terencana untuk para kader Advokasi dari Serikat Buruh Anggota. Pendidikan ini adalah rekomendasi lanjutan dari nama-nama yang terpilih pada rapat Pleno di Jawa Tengah pertengahan bulan September 2021.

"Agenda ini sejatinya sudah berlangsung di awal tahun 2020 setelah Rakernas, akan tetapi karena Pandemi Covid 19 semakin mengganas, kami menunda agenda pendidikan ini dan tetap melakukan pendidikan dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting." Tutur Zaenal sebagai ketua panitia penyelenggara.

Masih menurut Zaenal, "Pendidikan kepada anggota itu sangat penting dan mengasyikkan, ibarat bertani kita siapkan tanahnya, kita olah agar gembur dan subur. Setelah siap barulah kita taburkan benihnya, tidak berhenti sampai di situ. Kita juga harus merawat, menyirami, memupuk, menjaga dari serangan hama, agar buah yang akan kita petik memuaskan."

Bagi SERBUK, pendidikan kepada anggota itu ibarat investasi jangka panjang. Hasilnya nanti akan dituai dengan semakin kita melakukan banyak hal untuk itu, manfaatnya nantinya bisa dirasakan ketika sedang dibutuhkan.

Lalu, Pendidikan kepada Basis itu ibarat transfer pengetahuan dan pengalaman. Proses yang terjadi selama berlangsungnya pendidikan memiliki dinamika yang memperkaya wawasan, sekaligus praktek. Dan pertukaran pengalaman dan pengetahuannya akan memperluas khasanah ilmu yang dipelajari bersama. 

Jadi, mari bersemangat. Kita belajar dengan gembira.