'Kite Belajar Nulis, Lur'

Oleh: Noprizal*

Diikuti oleh 30 orang peserta dari Serikat Buruh Anggota (SBA) Federasi SERBUK Indonesia, Komite Wilayah Serikat Buruh Kerakyatan Sumatera Selatan (Komwil SERBUK Sumsel) menggelar pendidikan Media dan Jurnalistik di desa Gunung Raja Sesi Kedua. Pelatihan ini adalah wujud dari kepedulian Federasi SERBUK dalam menyikapi kondisi dunia perburuhan saat ini yang sedang tidak baik-baik saja. Giat ini (12/6), berlangsung dari jam 09.00 sampai jam 16.00 WIB. 

Muhammad Husain Maulana yang sehari-harinya menjabat sebagai komite eksekutif Federasi SERBUK bidang Media dan propaganda yang berkantor di Karawang Jawa barat, sengaja didatangkan sebagai pemateri dalam pelatihan berkelanjutan yang digelar 3x setiap hari Minggu di bulan Juni ini. Dalam perbincangan sebelum acara dimulai, Bung Husen menerangkan bahwasanya perkembangan media sosial saat ini akan menguntungkan jika kita bisa memanfaatkan sisi positifnya, karena memang sudah terbukti dan dapat di ikuti, jika kemudian menjadi kesukaan atau hobi, maka ber-hobi-lah yang positif dan bernilai ekonomi. Menariknya, pada saat sesi perkenalan peserta, semua menyebutkan media sosial apa saja yang disukai peserta dan masing-masing menjawab dengan gayanya masing-masing. Dinamis sekali.

Tujuan dari pelatihan ini adalah membekali peserta dengan keterampilan menulis dan terbiasa mengumpulkan bukti. Cara yang paling sederhana digunakan adalah dengan menggunakan rumus kejurnalistikan 5W+1H: what (apa)?, when (kapan)?, why (mengapa)?, who (siapa)?, where (dimana)?, dan how (bagaimana)?. Selain itu, materi foto, video, dan pembuatan poster juga dibahas pada sesi kedua ini. 

Setelah sesi perkenalan usai, sesi dilanjutkan dengan belajar mempraktekkan rumus 5W+1H. Antusiasme peserta pendidikan sangat tinggi sekali dapat dilihat dari interaksi antara pemateri dan peserta. Bung Husen pun menjelaskan materi pendidikan dengan bahasa yang lugas sehingga mudah diterima oleh peserta. "Ingat! Informasi yang jelas merupakan kekuatan utama dari media. Jadi, jangan membuat
Informasi yang tidak jelas," tulis Bung Husen di Materinya. 



*Penulis adalah Sekretatis SERBUK Komwil Sumatra Selatan.