Konsolidasi Pimpinan SPL-HPI SERBUK Klaten Kuatkan Barisan Anggota

Klaten (18/5), bertempat di Joglo Kopi Jatinom Serikat Pekerja Listrik PT Haleyora Powerindo (SPL HPI — SERBUK) mengadakan  konsolidasi pimpinan, yang menghadirkan para koordinator di tiap-tiap unit kerja SPL. 

Ada tiga topik penting yang menjadi pembahasan konsolidasi, yang dikemas santai tetapi serius ini, yaitu: advokasi, diklat, dan perluasan anggota. Trilogi yang menjadi semacam azimat bagi serikat pekerja agar memiliki daya tawar di hadapan manajemen. Dengan anggota yang besar dan terorganisir dengan baik, maka kontrol bagi kebijakan-kebijakan perusahaan yang berpotensi merugikan pekerja atau buruh bisa diminimalisir. 

SPL HPI sebagai serikat baru di PT HPI harus berjuang lebih keras lagi, sebab ia hadir ketika kebijakan negara tidak berpihak kepada kaum buruh. UU Cipta Kerja yang mengatur lebih rendah banyak praktek hubungan industrial berpotensi besar membuat pekerja dan serikat pekerja menjadi tak berdaya. Jika serikat pekerja dan pekerja hanya pasrah, hampir bisa dipastikan akan semakin banyak orang-orang kehilangan pekerjaan atau semakin jamak pekerja diupah sekedarnya. 


SPL HPI dideklarasikan sebagai ikhtiar untuk melawan hal itu semua. Pekerja khususnya di lingkungan PLN harus tetap mendapatkan hak dan perlindungan yang setimpal atas tenaga dan pikiran yang telah diberikan untuk menumpuk pundi-pundi kekayaan bagi perusahaan.

Besarnya buruh di lingkungan kelistrikan yang belum berserikat menjadi perhatian serius dalam konsolidasi ini. Perekrutan anggota, mendorong berdirinya serikat-serikat, dan kerja-kerja pengorganisasian lainnya menjadi fokus organisasi dalam hari-hari depan hidupnya, karena tanpa densitas anggota serikat pekerja hanya menjadi macam ompong. (Hnw)