Konsolidasi SERBUK PLTU Gunung Raja, Kobarkan Lagi Semangat Perjuangan!


Kamis (2/6), bertempat di Sekretariat SBA SERBUK Serikat Gerakan Buruh Lematang (SGBL) kecamatan Gunung Raja, konsolidasi tersistematis dilakukan. Hadir dalam pertemuan ini adalah SBA SERBUK Topkey, SBA SERBUK Damkar, SBA SERBUK DLI, SBA SERBUK SGBL, SBA SERBUK PT LCL, dan Pengurus Komite Wilayah (Komwil) SERBUK Sumatra Selatan serta perwakilan Komite Eksekutif (Komeks) SERBUK yang juga sedang berada di lokasi. Pertemuan ini dimaksudkan dalam rangka membedah kasus ketenagakerjaan yang terjadi dan langkah strategis untuk menyelesaikannya. 

Budiyansyah, ketua SBA SERBUK Topkey, mengatakan, “Konsolidasi ini menjadi penting bagi kita untuk saling memberikan respon dan masukan terhadap masalah-masalah yang terjadi antara anggota di pabrik yang satu dan yang lain di PLTU Gunung Raja ini.” 

Senada dengan Budiyansyah, Pimpinan SBA yang lain juga saling memberikan paparan atas permasalahan yang terjadi dan memberikan respon atau komentar kepada yang lainnya. Pada konsolidasi ini, Pengurus Komwil dan Perwakilan Komeks memberikan tanggapan dan analisa pada berbagai masalah yang diutarakan. “Poin utamanya adalah kawan-kawan semua harus kompak, mempersiapkan bukti-bukti yang baik, serta selalu berkomunikasi atas berbagai perkembangan,” ucap Noprizal, Sekretaris Komwil SERBUK Sumatra Selatan. 

Permasalahan yang banyak diutarakan dalam konsolidasi ini adalah mengenai kasus status kerja, masalah THR, dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Pimpinan SBA mendapatkan arahan dari Pengurus Komwil untuk selalu menyusun poin-poin permasalahan, bukti, dan tuntutan dengan jelas. Hal ini begitu penting mengingat perlawanan tanpa ada bukti yang kuat sama halnya dengan menjadikan kekuatan perjuangan menjadi lemah. 

Dalam beberapa hari ke depan, kawan-kawan yang tergabung dalam SBA SERBUK di PLTU Gunung Raja ini didorong untuk terlibat aktif dalam beberapa pendidikan yang akan diisi oleh Komite Eksekutif SERBUK mengenai Media dan Propaganda. Pendidikan ini nantinya akan semakin membekali rangkaian advokasi dan kampanye yang sedang bersiap dilakukan pada hari-hari yang akan datang. Insan Siswono, Ketua SBA SERBUK SGBL menegaskan, “Kita semua harus kompak, kita semua harus semakin aktif untuk terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan Serikat yang akan membuat kita semakin lebih kuat lagi.” (Mh)