Mari Berserikat, Kak!


Oleh: Sabardi*

Sumatera Selatan, khusunya kabupaten Muara Enim, adalah daerah yang mempunyai pengusaha industri yang berbeda-beda. Contohnya seperti perusahaan pertambangan, pengusaha pabrik kertas, dan perusahaan tenaga listrik. Peran penting dari perusahaan tersebut sebenarnya adalah menjamin pekerja yang telah membuat berjalannya suatu usaha yang dijalankan oleh pengusaha tersebut.

Pengusaha tentu menginginkan usahanya berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun seringkali, di sini mereka lupa akan peran penting para pekerja yang telah berusaha keras untuk mendatangkan keuntungan bagi mereka. Pekerja-pekerja ini ada yang dipekerjakan setiap hari tanpa libur, upah di bawah UMK, tidak ada APD, dan tidak ada BPJS. Seringkali juga, pekerja kurang memahami tentang hak yang semestinya harus mereka dapatkan.

Dari penjelasan di atas tentu kita bisa tahu mengenai hak yang seharusnya pekerja dapatkan. Pekerja tentu penting untuk bisa memahami apa saja hak-hak yang sebenarnya mereka miliki. Karena pengusaha seringkali mengabaikannya dan mereka lebih mementingkan hasil dari keuntungannya sendiri. Sedangkan pekerja, kondisi mereka justru tidak mendapatkan terpenuhinya kesejahteraan dan selalu dituntut untuk bekerja demi menambah pundi-pundi keuntungan bagi perusahaan.

Jadi, ayo lawan penindasan! Mari kita menuntut hak pekerja yang seharusnya pekerja dapatkan. Dalam hal ini, perjuangkan utama kita ini adalah merebut kembali haknya para pekerja. Mengenai perjuangannya tentu harus ada perlindungan hukum. Maka dari itu, pekerja yang belum berserikat dan belum tahu apa itu serikat serta apa saja haknya menjadi penting untuk diajak bergabung di serikat pekerja demi kesejahteraan. 

Ayo ajak mereka yang belum memahami apa saja haknya yang tidak diberikan oleh pengusaha! Mari kita perkuat perkawanan dan perhebat perlawanan! Mari kita merekrut sebanyak-banyaknya anggota untuk berserikat demi menggapai kesejahteraan bagi para pekerja. Oleh karenanya, kita butuh kekuatan. Dan untuk menjadi kuat kita butuh pondasi yang kokoh. Maka dari itu, Mari kita organisasikan! 

Juni, 2022 



*Penulis adalah Sekretaris di SBA SERBUK PT SRM dan bidang Pendidikan di SERBUK Komite Wilayah Sumatra Selatan