Pendidikan Media dan Jurnalistik SERBUK Komite Wilayah Sumatra Selatan

Oleh: Budiyansyah*

Berikut ini adalah kabar dari Federasi SERBUK Indonesia yang mempunyai beberapa anggota serikat buruh yang ada di Sumatra Selatan. Dipimpin oleh Pengurus Komite Wilayah dan panitia serta perwakilan Federasi, pendidikan akan dilakukan dalam beberapa sesi. Hal ini disambut dengan penuh antusias oleh anggota. 

Pada Minggu 5 juni 2022 telah dilaksanakan pendidikan sesi pertama. Pendidikan ini nantinya akan diadakan kurang lebih satu bulan penuh. Pendidikan akan dilaksanakan satu kali dalam satu Minggu.

Pendidikan tematik dari Federasi SERBUK Indonesia yang pertama ini yaitu pendidikan Media dan Jurnalistik. Pendidikan ini membahas salah satu alat untuk perjuangan kaum buruh untuk menyuarakan isu-isu yang berkenaan dengan buruh. Jauh hari sebelumnya, kabar pendidikan ini di sambut meriah oleh para peserta yang berjumlah total -+ 100 peserta untuk beberapa pendidikan yang dilangsungkan. 


Pada pendidikan Media dan Jurnalistik sesi pertama ini pesertanya berjumlah 35 orang. Mereka adalah perwakilan dari masing-masing Serikat Buruh Anggota SERBUK yang ada di Sumatra Selatan. Jalannya pendidikan berlangsung seru dengan adanya teori, praktek, serta permainan yang membuat peserta mengikutinya dengan aktif dan penuh semangat. 

Target dari pendidikan ini adalah peserta menjadi terbiasa dengan kegiatan jurnalistik. Terutama memiliki kemampuan dasar tentang membaca dan menulis serta mengabarkan informasi. Harapannya, grup media SERBUK Sumatra Selatan yang sudah dibentuk akan memudahkan komunikasi, kordinasi, dan konsultasi dalam perjuangan aktif bermedia untuk buruh demi kesejahteraan bersama. 



*Penulis adalah Ketua SBA SERBUK PT TOPKEY Gunung Raja, Muara Enim, Sumatra Selatan