Ketua Umum Federasi SERBUK: Partai Buruh adalah Kebangkitan Klas Pekerja di Lapangan Politik!

KARAWANG - Usman Sopiyan ketua umum Federasi SERBUK Indonesia di sela-sela kegiatannya dalam karnaval klas pekerja yg dihelat pada Jum’at (12/8/2022) di Jakarta kemarin mengatakan bahwa pendaftaran partai buruh ke komisi pemilihan umum (KPU) RI sebagai salah satu partai politik calon peserta pemilu merupakan momentum kebangkitan buruh di bidang politik.

“Buruh masuk dalam ranah politik saat ini merupakan keharusan dan hadirnya partai buruh merupakan wujud nyata partisipasi buruh secara politis,” ucapnya. “Keikutsertaan partai buruh dalam kontestasi pemilu 2024 menurut pandangan saya merupakan kebangkitan buruh yang penting di bidang politik. Artinya, kita sebagai buruh sudah lebih menyadari pentingnya perjuangan politik. Omnibuslaw yg disahkan oleh 9 partai politik di parlemen beserta pemerintah merupakan suatu kemunduran politik kaum buruh. Kalau kita tidak mau hal serupa terjadi di kemudian hari, maka kita (partai buruh-red) harus terlibat di parlemen untuk memastikan bahwa tidak ada produk hukum yg merugikan masyarakat terutama kaum buruh,” tegasnya.

Federasi SERBUK indonesia yang berkedudukan di Karawang, Jawa Barat, memiliki basis atau anggota yang tersebar di beberapa provinsi di indonesia, juga telah menentukan sikap politiknya. “Hasil kongres ke-4 SERBUK indonesia salah satunya adalah mendukung politik alternatif dalam hal ini partai politik yang baru. Hal ini sejalan dengan hasil kongres Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) yang juga menetapkan hal yg sama.” Lebih lanjut Usman menjelaskan di sela kehadirannya dalam karnaval kelas pekerja. “Karena sekarang kita sudah memiliki partai politik yakni partai buruh, maka secara organisasi, SERBUK Indonesia mendukung partai buruh. Beberapa anggota kami juga sudah tercatat tergabung sebagai pengurus partai tingkat kecamatan bahkan daerah. Hal tersebut merupakan wujud nyata kami,” lanjutnya. “Walaupun secara organisasi kita telah menentukan dukungan terhadap partai buruh namun secara individu kita tidak bisa memaksakan,” tutur Usman menjelaskan.

Partai Buruh sedang dalam pengembangan kapasitasnya dalam perjuangannya mewujudkan Walfare State atau Negara Sejahtera. Komitmen dari 11 inisiator Partai Buruh telah mencerminkan keseriusannya dalam perjuangan politik. “Harapan saya tentu saja anggota serbuk indonesia beserta keluarganya nanti bisa memberikan suaranya untuk partai buruh di pemilu mendatang” tutup usman.