Selamat Hari HAM Sedunia 2022

SBA SERBUK PT DNI

Hak asasi manusia, bagi pekerja, berarti banyak. Ia berarti hak untuk bisa bekerja dengan baik dan layak, hak untuk kerja aman, dan hak untuk berserikat dan mendapat perlindungan. 

Praktiknya, bagi pekerja, sesuatu yang mestinya otomatis didapat, harus diperjuangkan terlebih dahulu. Dan tidak sedikit di antaranya: begitu berat. Pekerja, serikat pekerja, dan HAM adalah pergerakannya itu sendiri. Tanpa bergerak, tidak jarang praktik itu terjadi: perampasan hak. 

Terlebih bagi pekerja migran dan konstruksi. Kawan kami, Sabri, di Malaysia mengalami perampasan hak itu. Ia disiksa. Ia kehilangan perlindungan dan rasa aman dari pemberi kerjanya. Kawan kami yang lain, pekerja konstruksi di Qatar, selama persiapan gelaran piala dunia, tidak sedikit yang menghembuskan nafas terakhirnya karena kondisi kerja yang begitu berat di sana. Afiliasi kami, BWI, bersikap tegas atas itu. Kami juga, mengutuk keras perampasan hak di manapun berada. 

SBA SERBUK PT BMJ

Di Indonesia, kita bisa melihat praktik perampasan hak itu dengan mudahnya. Hukum yang tidak memihak, PHK sepihak, tanah yang digusur, orang-orang kritis yang dipersekusi, dan masih banyak yang lainnya lagi. Oleh karena itu, 

Untuk kebebasan. Perjuangkan demokrasi. 

(Choose freedom, defend democracy) 

Hal ini penting bagi kita semua. Bagi anak cucu. Untuk hari ini dan hari depan nanti! 

Mari, menjadi orang-orang dan kelompok yang melibatkan diri untuk mengawalnya. Selamat hari HAM Sedunia 2022.


Hormat kami, 

Federasi SERBUK Indonesia