Melestarikan Solidaritas pada Bakti Sosial SBA SERBUK Fuji Seat Indonesia

Senyum hangat itu langsung menyeruak ketika kami datang. Bertempat di dusun Kamurangjati, desa Panyingkiran, Rawa Merta, Karawang, pada Minggu (15/1/22), SBA SERBUK Fuji Seat Indonesia (FSI) melakukan agenda rutin tahunan bakti sosial untuk anak yatim piatu dan manula jompo. 

Majlis Taklim al-Hikmah menjadi tempat kegiatan ini berlangsung. Puluhan anak-anak dan manula jompo mengikuti rangkaian acara dengan khidmat. Agus Rosdiana, selaku ketua SBA SERBUK FSI memimpin langsung penyerahan donasi kepada yang bersangkutan. 

Kegiatan bakti sosial ini terus dilestarikan tiap tahunnya sebagai refleksi dari serikat pekerja untuk tidak diam pada kondisi sekitar. Tolong menolong adalah kewajaran hidup berdampingan sebagai sesama manusia yang lemah dan memiliki keterbatasan. "Solidaritas buruh tidak hanya terbatas pada kelompok buruh saja, tetapi juga kelompok masyarakat yang lain," ujar salah satu pengurus Federasi SERBUK. 

Bakti sosial rutin tahunan ini diharapkan untuk terus bisa ditingkatkan setiap tahunnya. Selain itu, solidaritas semacam ini juga diharapkan bisa menjadi gerakan serikat buruh yang terbuka dan perannya lebih bisa dirasakan di tengah-tengah masyarakat. Mengingat jumlah partisipasi kepadatan serikat pekerja di Indonesia masih relatif rendah, di angka 12,46% (BPS, 2021), hal ini juga bisa dijadikan sosialisasi tentang apa itu serikat pekerja bagi publik, terutama bagi pekerja yang belum bergabung dengan serikat pekerja. 

Sesi sambutan, perkenalan, diskusi, dan penyerahan donasi dilakukan dengan antusias dan penuh haru. Rangkaian acara ditutup dengan saling bersalaman dan foto bersama. Selalu saja ada yang menggetarkan, di setiap peristiwa manusia, yang dengan segala kelemahan dan ketidakberdayaannya, peduli, berjuang, dan terus tolong menolong untuk kondisi yang lebih baik. Panjang umur kebaikan! Panjang umur solidaritas!