Rakernas Federasi SERBUK 2023: Perkuat Organisasi, Tingkatkan Perjuangan!

Jajaran Komite Eksekutif, Komite Wilayah, Dewan Presidium, dan Bapor Federasi SERBUK.

Karawang – Rabu (25/10/23), bertempat di ruang seminar Grand Pangestu, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Federasi SERBUK untuk tahun 2023 diselenggarakan. Seluruh jajaran Komite Eksekutif, perwakilan Komite Wilayah, dan Dewan Presidium menghadiri dengan khidmat gelaran tahunan ini. “Tema perkuat organisasi dan tingkatkan perjuangan kita pilih sebagai komitmen SERBUK membaca situasi krisis internasional dan situasi nasional yang mengharuskan organisasi untuk semakin memperkuat barisan dan perjuangannya,” ucap Adi Pratomo, Ketua Umum Federasi SERBUK.

Rangkaian kegiatan dalam Rakernas 2023 ini dimulai dari penyampaian dan diskusi situasi internasional serta nasional. Selanjutnya, sesi disambung dengan penyampaian laporan dan evaluasi capaian program kerja 2022. Ade Solihin, Sekjen Federasi SERBUK memimpin jalannya rapat setiap sesinya dengan menekankan masukan serta evaluasi bersama guna mengembangkan organisasi ke depan agar lebih memiliki capaian yang signifikan.

Adi Pratomo, Ketua Umum Federasi SERBUK

Rakernas 2023 ini banyak menyikapi situasi kebijakan nasional yang semakin memburuk. Terlebih sejak UU Cipta Kerja, KUHP, dan PERPPU disahkan. Serikat menjadi penting untuk terus menerus menginovasikan strategi dan taktik yang mampu menghadapi tantangan kebijakan yang semakin memburuk tersebut. Sebagai catatan, sepanjang tahun 2022 Federasi SERBUK melakukan empat kali aksi Mogok Kerja di Kalimantan Barat, Sumatra Selatan, dan Jawa Tengah. Capaian yang dihasilkan dari mogok menjawab tuntutan mulai dari pemotongan upah, PHK sepihak, sampai jaminan keberlangsungan kerja yang akhirnya dipenuhi. Aksi kolektif dan solid dari pekerja ini penting untuk terus diformulasikan karena hal ini menentukan kekuatan pekerja secara mendasar.

Program kerja yang disiapkan oleh departemen terkait di Komite Eksekutif didiskusikan untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut. Perdebatan, penjelasan, dan ulasan mendalam menjadi dinamika tersendiri di dalam sesi ini. Perencanaan ke depan juga semakin difokuskan dengan memprioritaskan pekerja muda dan perempuan yang lebih aktif. Mengingat generasi penerus dan semangat emansipasi menjadi unsur yang penting dalam serikat pekerja.

Pendidikan secara aktif dan perluasan organisasi menjadi program yang harus semakin dioptimalkan. Kemandirian dan kapasitas serikat buruh anggota yang terus meningkat akan berkorelasi dengan kekuatan yang meningkat juga dari serikat pekerja secara menyeluruh. “Kita adalah klas buruh. Hari ini juga telah hadir partai buruh yang bisa menjadi satu ikhtiar kita bersama. KPBI, konfederasi kita termasuk yang menjadi pelopor di sana. Mari kita semakin menguatkan dan merawat serikat kita serta meningkatkan terus kesadaran politik kita sebagai klas pekerja. Di level internasional, kita memiliki BWI sebagai afiliasi kita. Solidaritas internasionale penting untuk terus menerus ditumbuhkan bersama,” ucap Adi pada penutupan sesi Rakernas 2023. (Mh)