SERBUK PT ANI Tandatangani Perjanjian Kerja Bersama Baru: Harapan Baru!

Bertempat di Kahyangan Resort Kabupaten Bengkayang, pada hari Jumat tanggal 16 Juni 2023 telah dilaksanakan acara seremonial Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Serikat Buruh Anggota (SBA) SERBUK PT Agronusa Investama dan PUK Serikat Pelikha dengan PT Agronusa Investama Pabrik Kelapa Sawit POM 3 Kumpai Kabupaten Sambas Wilmar Group. 

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Pengurus SBA SERBUK PT ANI Pabrik, Komite Kabupaten Sambas, Komite Wilayah (Komwil) Kalimantan Barat Federasi Serbuk Indonesia, Serikat Pelikha, Disnakertrans Kabupaten Sambas, dan Manajemen Wilmar Group regional Kalimantan Barat. 

Perundingan PKB ini sudah berjalan selama 6 bulan sejak awal tahun 2023. Walaupun berlangsung cukup alot dan panjang namun akhirnya tuntutan dari Serikat dapat dipenuhi oleh Perusahaan dan diakomodir pada PKB Periode 2023-2025. Besar harapannya PKB ini dapat dijalankan dengn baik, tidak hanya dari Pekerja juga oleh Perusahaan sebagai komitmen bersama. 

Keberhasilan PKB ini adalah bentuk Perjuangan serikat pekerja dalam memperjuangkan hak-hak Pekerja yang lebih baik lagi ke depannya dan tidak hanya sebatas normatif yang diatur oleh Perundang-Undangan. Hal ini penting agar buruh benar-benar meningkat kesejahteraannya, terutama buruh di Industri Perkebunan Kelapa Sawit. 

Tahun 2023 ini Komwil Kalbar Federasi SERBUK Indonesia menargetkan SBA SERBUK di perusahaan-perusahaan lain untuk segera membuat draft dan mengajukan Pembuatan PKB kepada Perusahaan masing-masing. Hal ini penting diperjuangkan karena PKB adalah tujuan bersama berserikat agar hak-hak pekerja lebih terlindungi dan ada komitmen perusahaan dalam memberikan kesejahteraan untuk buruhnya. Hidup Buruh!

Reporter: Agil