Perjuangan Mogok Kerja SERBUK PT SICP itu Terus Berlanjut

Aksi mogok kerja yg dilakukan oleh para pekerja PT Siam-Indo Concrede Product (SICP) yang terletak di desa Sumur Kondang, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang - Jawa Barat telah melewati hari ketiga. Aksi mogok kerja tersebut menuntut diberikannya Bonus Akhir Tahun 2023 sebesar 1 kali upah bagi seluruh pekerja, dibentuknya Perjanjian Kerja Bersama (PKB), kenaikan upah sebesar 7%, serta ditetapkannya struktur skala upah sesuai nota pengawasan Disnaker masih menjadi tuntutan pekerja.

“Aksi mogok kerja ini penting untuk menjadi wujud kekompakan dan kesolidan dari para pekerja. Harapannya hari ini ada informasi yang baik yang bisa disampaikan kepada anggota SERBUK SICP dari perusahaan." ujar Andi Hidayat Ketua Komite Wilayah Serbuk Jawa Barat ketika ditanya tentang progres aksi mogok kerja setelah hari ketiga. 

“Setelah sampai hari ketiga dan masih belum ada perundingan, SERBUK PT SICP telah mengirimkan surat perpanjangan mogok kerja yang dikirim pada tanggal 2 februari 2024. Begitu juga Komite Wilayah SERBUK Jawa Barat sudah mengirimkan surat aksi ujuk rasa selama 5 hari yang di mulai pada senin sampai dengan jum'at, 5-10 februari 2024 dan akan mengundang organisasi jaringan federasi serbuk untuk bisa bersolidaritas kepada serbuk sicp" Lanjut Andi. 

Iwan Sutisna selaku Ketua Serikat Pekerja SERBUK PT SICP menyampaikan bahwa aksi mogok kerja telah dilakukan dengan solid dan kompak serta berjalan dengan tertib. "Alhamdulillah sampai dengan hari ketiga aksi mogok kerja tetap terjaga semangat dan kolektifitasnya. Untuk update, pihak direksi perusahaan mengundang untuk melakukan perundingan pada hari Senin (5/2/24) pukul 12.O0 WIB,” ucapnya.

Masih menurut Iwan, "Harapannya tentu kita ingin aksi mogok kerja ini bisa berhasil dengan tercapainya tuntutan kami. Ini bukan tentang kepentingan pribadi ataupun segelintir pekerja PT SICP. Ini kepentingan seluruh pekerja dan keluarga pekerja yang menggantungkan nasibnya pada hasil jerih payah pekerja."

Sampai berita ini diturunkan, SERBUK PT SICP sedang menyiapkan diri untuk perundingan dengan pihak direksi perusahaan. Jika perundingan belum menghasilkan titik temu, maka aksi mogok kerja akan dilanjutkan kembali bersama aksi unjuk rasa solidaritas masa aksi dari berbagai daerah lintas Federasi dari Bekasi hingga Tangerang untuk ikut serta secara langsung memberikan dukungan kepada para peserta aksi mogok kerja. (Nurdin)