Semarak May Day SERBUK: Merahkan Jalanan dan Apresiasi Anggota di Jambi


Sejumlah 350 massa aksi buruh berseragam merah berdiri di sekitaran Tugu Keris kota Jambi. Orang-orang dan kendaraan yang lalu lalang memandangi spanduk yang dibentangkan. Tulisannya jelas dan tegas: Hari Buruh 1 Mei 2024 ‘Satukan Barisan, Perjuangkan Kesejahteraan’. 

Massa aksi buruh ini tergabung dalam Federasi SERBUK Komite Wilayah Jambi. Ada berbagai Serikat Buruh Anggota lintas perusahaan yang terlibat di dalamnya. Di cuaca yang cerah itu, mereka secara bergiliran menyampikan orasi-orasi perjuangan untuk menegaskan berbagai tuntutan. Dengan semangat yang membara, tangan mengepal, dan suara lantang, mereka memberikan pengingat kepada yang lain agar terus menyatukan kekompakan dalam menghadapi tantangan pekerja yang semakin beragam. 



Beberapa isu yang menjadi perhatian utama untuk disuarakan dalam aksi ini adalah penolakan upah murah, penolakan UU Cipta Kerja, dan jaminan untuk berserikat. Hal ini menjadi perhatian penting karena beberapa serikat buruh anggota di Jambi mengalami kesulitan pencatatan serikat di Dinas Tenaga Kerja kota/kabupaten setempat. 

Setelah selesai melakukan sesi orasi dan berkampanye tentang May Day di pusat kota, barisan ini kemudian berpindah ke Sekretariat Komite Wilayah Jambi untuk sesi internal bersama anggota. Pengurus komite wilayah menginisiasi kegiatan apresiasi pada anggota dengan menggelar lomba orasi dengan tema-tema yang telah ditentukan. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah. Apresiasi-apresiasi terbaik disiapkan oleh pengurus Komwil untuk meningkatkan semangat dan kekompakan dari seluruh anggota. 


Slogan-slogan perjuangan terus dikumandangan. Seruan ‘Berani Berjuang Pasti Menang’, dan ‘Perkuat Perkawanan Perhebat Perlawanan’ terus menerus diserukan. Sementara di luar, hujan turun dengan deras. Tentu saja, suaranya tak bisa menyurutkan gelora semangat kawan-kawan.